Wednesday 14 July 2010

Waspada Premanisme Haji

QS : 2.197. (Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi , barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats , berbuat fasik dan berbantah bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.

Salah satu bekal taqwa adalah pemahaman keilmuan yang cukup untuk dapat menjalankan ibadah secara pribadi. Meski sudah ada pembimbing, kita harus siap untuk melaksanakan ibadah secara mandiri.

Mengapa ilmu begitu penting, sebab jemaah haji, terutama yang haji mandiri biasanya akan menemui beberapa kejadian 'premanisme' yang dapat menyesatkan dan parahnya bisa merusak haji.

Saat tiba di pemondokan, beberapa hari kemudian akan didatangi oleh Mukimin (WNI yang tinggal di Makkah) datangnya biasanya ke ketua rombongan atau ketua regu. Biasanya mereka akan menawarkan paket wisata plus pembayaran hadyu kepada jemaah.

Pengalaman kami, kami ditawari paket seharga 400 SAR. Paket tersebut terdiri dari paket city tour makkah, madinah, dan jeddah dan hadyu. Untuk hadyu besarannya 300 SAR. Disinilah ilmu diperlukan supaya tidak mudah terbujuk dan terpengaruh oleh harga hadyu yang murah.

Coba kita telaah lebih mendalam. Jika menggunakan jalur resmi (misal : Bank Al Rajhi) maka besaran hadyu adalah sebesar 380-450 SAR ada apa dibalik itu semua ? Apa iya untuk city tour 3 kota plus hadyu hanya seharga 400 SAR ?

Ternyata hadyu yang dibayarkan memang lebih murah daripada hadyu dari lembaga resmi mengapa ? karena hadyu dibeli dan disembelih sebelum waktunya. Apa buktinya ? saat citytour Makkah, jemaah akan dibawa ke tempat penyembelihan hewan dengan maksud untuk menyaksikan hewan hadyunya disembelih. Dan ini pastinya bukan hari tasyrik karena saat tasyrik semua jemaah haji sedang berada di Mina dan nggak akan ada waktu buat city tour ke tempat penyembelihan.

Bagaimana hukum hadyu yang disembelih sebelum hari tasyrik ? tulisan saya yang ini mungkin sedikit membantu.

Jika melalui lembaga resmi memang akan lebih mahal sebab sesuai hukum ekonomi, semakin banyak permintaan maka harga semakin naik. Semakin mendekati tasyrik semakin mahal harga hewan hadyu yang ditawarkan.

Saya himbau kepada jemaah calon haji, untuk dapat mengkaji terlebih dahulu seputar hal ini. Apa artinya kita irit kalo malah merusak ibadah kita ?



No comments:

Post a Comment